Frasa Dan Klausa (Pengertian, Perbedaan Serta Ciri-Ciri)

Advertisements
Frasa Dan Klausa (Pengertian, Perbedaan Serta Ciri-Ciri) - Sebagai seorang siswa pasti teman-teman semuanya pernah ditugaskan oleh guru untuk meringkas sebuah sambutan, akan tetapi sering binggung apa yang harus ditulis karena terlalu panjang untuk ditulis. Dalam sebuah sambutan yang dibacakan oleh seseorang pasti didalamnya terdapat frasa dan klausa, frasa dan klausa seringkali susah untuk dibedakan tapi temen-temen semuanya tidak perlu bingung karena penulis akan memaparkan mengenai frasa dan klausa karena sambutan dibentuk dari beberapa kalimat yang didalamnya berupa frasa dan klausa.

Frasa Dan Klausa (Pengertian, Perbedaan Serta Ciri-Ciri)

1. Pengertian Frasa 

Frasa adalah berupa dari sekelompok kata yang biasanya lebih dari satu kata yang memiliki tidak lebih dari salah satu fungsinya yang ada dalam suatu kalimat.
Contoh :
“ibu sedang membeli buah duarian”
a. Subjek (S) adalah ibu, ibu terdiri dari satu kata bukan terdiri dari kelompok kata, sehingga kata “ibu” pada kalimat tersebut bukannlah frasa. 
b. Objek (O) adalah sedang membeli, sedang membeli terdiri dari kelompok kata karena membentuk lebih dari satu kata pada kalimat tersebut, sehingga kata “sedang membeli” merupakan frasa.
c. Predikat (P) adalah buah durian, buah durian terdiri dari kelompok kata karena membentuk lebih dari satu kata pada kalimat tersebut, sehingga kata “buah durian” merupakan frasa.
Jadi dapat disimpulkan frasa adalah sekelompok kata yang terdiri lebih dari satu kata yang memiliki satu fungsi yang sama.


2. Pengertian Klausa  

Klausa adalah tata bahasa yang didalamnya terdapat tataran dibawah kalimat dan diatas frasa dan klausa ini berbentuk sekelompok kata yang terdiri dari setidaknya subjek, predikat yang dimana bisa membentuk suatu kalimat.
Ciri-ciri klausa sebagai berikut : 
a. Klausa bisa menjadi suatu kalimat jika diberikan intonasi final berupa tanda seru (!), titik (.) serta tanda Tanya (?).
b. Pada klausa terdiri dari subjek dan predikat.
c. Klausa dapat ditambah fungsi-fungsinya yang belum ada dalam suatu klausa.
d. Pada kalimat plural atau kalimat yang mempunyai banyak makna, dan klausa adalah sebuah bagian dari suatu kalimat. 

Advertisements

0 Response to "Frasa Dan Klausa (Pengertian, Perbedaan Serta Ciri-Ciri)"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish