Jadwal Pendaftaran Online SNMPTN Tahun 2016/2017

Advertisements
Pendaftaran Online SNMPTN Tahun 2016/2017 - Hai sobat yang sedang fokus pendalaman materi dan latihan tryout semoga lancar ya, ok berhubung sobat mungkin belum ada yang tahu tentang jadwal SNMPTN materipraktis akan mengeshare informasi pendaftaran SNMPTN pada tahun ini

 

Jalur SNMPTN ini bisa dibilang jalur keren untuk masuk perguruan tinggi, dimanapun sobat mendaftar cukup hanya dengan satu lokasi tes, tidak perlu mendaftar ketempatnya lansung, SNMPTN juga merupakan jalur tes paling awal untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, SNMPTN diikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri terbaik diseluruh indonesia, kesempatan memilih akan lebih banyak.


Ada yang perlu diperhatikan pada saat sebelum pendaftaran diantaranya adalah persyaratannya :

Ketentuan Umum

1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.
2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
3. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS.
5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Persyaratan Sekolah
Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

1. SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN.
2. Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Persyaratan Siswa Pendaftar
Pendaftaran SNMPTN

Siswa SMA/MA, SMK kelas terakhir pada tahun 2016 yang:

1. memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
- akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
- akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
- akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
- akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
2. memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
3. memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
4. memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan)

Peserta diterima di PTN, jika:

a. lulus satuan pendidikan;
b. lulus SNMPTN 2016; dan
c. lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Biaya SNMPTN ditanggung oleh pemerintah jadi gratis tidak dipungut biaya, adapun pada kategori yang kurang mampu dapat mengikuti bantuan biaya bidikmisi, jangan sia-siakan kesempatan ini raihlah masa depanmu yang gemilang. Salah satu yang perlu diingat adalah passing grade tiap PTN berbeda-beda dan Kuota yang diambil juga terbatas.
Advertisements

0 Response to "Jadwal Pendaftaran Online SNMPTN Tahun 2016/2017"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish