Pembagian Zaman Dalam Sejarah Dan Umur Bumi

Advertisements
Pembagian Zaman Dalam Sejarah Dan Umur Bumi - Pembagian umur bumi berdasarkan kemunculan makhluk hidup adakah yang tau berapa usia bumi sekarang ini? Kali ini kita akan membahas tentang usia bumi. Usia bumi di tandai dengan adanya kemunculan makhluk-makhluk yang ada dalam bumi planet kita ini. Makhluk di bumi kita tercinta ini menurut ilmu sejarah tidak serta merta ada di muka bumi ini, akan tetapi adanya suatu makhluk yang hidup di bumi melalui beberapa tahapan. Tahapan dari kemunculan makhluk itulah yang melatarbelakangi pembagian dari umur bumi. Untuk menghilangkan penasaran, mari kita simak artikel ini dengan seksama dan berikut penjelasanya.

Pembagian Zaman Dalam Sejarah Dan Umur Bumi

Ada 4 tahapan zaman yang melatarbelakangi adanya makhluk di bumi ini adalah :

1. Archaeikum 

Pada zaman ini sudah ada tanda-tanda dari suatu kehidupan di muka bumi ini, makhluk satu-satunya yang ada pada zaman archaeikum ini adalah makhluk tanaman yang mempunyai sel satu. Zaman yang berlangsung sekitar 2500 juta tahun yang lalu ini termasuk zaman yang paling tertua dari zaman yang lain.

2. Paleozoikum

Berbeda sekali dengan zaman archaeikum, zaman ini juga zaman tua tapi berlangsung 340 juta, adanya tanda kehidupan pada zaman paleozoikum. Makhluk yang hidup adalah sejenis makhluk bersel satu yang sama dengan zaman archaeikum, yang kemudian munculah juga makhluk yang lain seperti reptil dan amfibi. Zaman ini juga disebut zaman primer.

3. Mesozoikum

Tahapan yang selanjutnya adalah tahapan zaman sekunder, yaitu zaman setelah paleozoikum yang ditandai dengan kemunculan makhluk yang berukura besar yaitu dinosaurus seperti yang sering kita lihat di televisi yang sekarang kerangka dari makhluk itu yang telah ditemukan oleh beberapa ahli. Dan zaman ini berlangsung sekitar 140 juta tahun.

4. Neozoikum 

Pada tahapan zaman yang satu ini, semakin bervariasi kemunculan dari beberapa makhluk yaitu seperti mamalia. Zaman neozoikum juga mempunyai nama lain yaitu zaman kanozoikum yaitu pada zaman inilah mulailah zaman hidup baru yang berlangsung sekitar 60 juta tahun.

Pada tahapan zaman yang sangat penting bagi manusia adalah zaman tersier dan kuarter. Akan tetapi pada zaman kuarter masih ada pembedaan waktu pada zaman ini dan pada zaman inilah  yaitu pada masa pleiston dimana manusia sudah mulai berkembang dan munculnya keberadaan manusia, tetapi tidak hanya masa pleiston saja yang merupakan pembagian masa pada zaman kuarter, ada satu lagi yaitu masa holosen yang dimana masa holosen ini berlangsung sekitar 1,9 juta tahun sebelum masehi sedangkan masa pleiston berlangsung sekitar 2-3 juta tahun sebelum masehi.
Advertisements

0 Response to "Pembagian Zaman Dalam Sejarah Dan Umur Bumi"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish