Pengertian Berita, Unsur-Unsur Berita, Syarat Berita

Advertisements
Pengertian Berita, Unsur-Unsur Berita, Syarat Berita - Cara membuat dan membacakan berita yang baik pernahkah anda melihat seorang pembaca berita di televisi? Apa yang muncul dibenak teman-teman sekalian? Seorang pembaca berita harus terlihat cantik, tampan dan menarik agar para penonton senang melihat berita tersebut. Tapi tidak hanya itu saja yang menjadi poin utama menjadi seorang pembaca berita yang baik. Pada artikel kali ini penulis akan memberikan info tentang cara membacakan berita yang baik agar diminati oleh para penontonnya.

Pengertian Berita, Unsur-Unsur Berita, Syarat Berita

Pengertian Berita

Berita adalah suatu laporan yang dilaporkan oleh seseorang mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang baru yang bersifat fakta yang nantinya akan disampaikan pada media massa.

Cara Penyampaian Berita 

Dalam menyampaikan suatu berita haruslah dapat dimengerti oleh khalayak umum dan dalam menyampaikanya perlu beberapa cara sebagai berikut :
1. Sikap 
Sikap dalam penyampaian suatu  berita sangat penting sekali, para penonton akan melihat sikap yang dilakukan oleh para penontonya jadi pembaca berita haruslah memiliki sikap yang baik ketika membicarakan berita misalnya sikap dalam berdiri, cara menatap kamera haruslah mantap dan terlihat professional, berpakaian yang sopan sehingga tidak tercipta citra yang buruk bagi para pembaca berita.
2. Lafal 
Cara seorang pembaca berita dalam membacakan berit harus memiliki lafal yang baik agar mudah dimengerti.
3. Intonasi 
Dalam pembacaan sebuah berita harus ada intonasi yang berupa nada dalam membaca, tempo, tekanan serta jeda dalam membaca berita supaya menarik bagi para pendengarnya. 

Unsur Berita

Berita harus memiliki 6 unsur yaitu sebagai berikut yang biasanya kita kenal dengan rumus 5W+1H :
1. What atau apa yang terjadi, atau peristiwa apa yang terjadi yang patut untuk diberitakan.
2. When atau kapan, biasanya menjelaskan kapan peristiwa itu terjadi. 
3. Where atau dimana, biasanya menjelaskan dimana peristiwa itu terjadi.
4. Who atau siapa, biasanya menjelaskan siapa pelakunya, siapa yang terlibat dalam suatu peristiwa.
5. Why atau mengapa, biasanya menjelaskan tentang mengapa peristiwa itu harus terjadi.
6. How atau bagaimana, biasanya menjelaskan tentang bagaimana peristiwa atau runtutan peristiwa itu terjadi.

Syarat Berita

1. Berita harus bersifat fakta atau nyata adanya tanpa dibuat-buat dengan menampilkan bukti-bukti yang kongkret.
2. Berita yang baik yaitu bersifat singkat atau berita yang langsung pada pokok masalah yang di beritakan, dan tidak bertele-tele sehingga para pendengar dan penontonya tidak merasa bosan.
3. Berita yang disampaikan haruslah jelas, dan tidak semu atau sebuah karangan sehinnga berita tersebut dapat dipertanggung jawabkan.
4. Berita harus bersifat sederhana sehingga dalam penyampaianya mudah dimengerti oleh para pemirsanya. Baik dalam pembacaan, isi berita, serta bahasanya haruslah sederhana. 
5. Berita yang disampaikan haruslah hidup yang dapat membuat minat para penonton dan pendengarnya sehingga akan terus mengikuti tahap demi tahap berita tersebut.
Semoga artikel ini bermanfat, terima kasih.
Advertisements

0 Response to "Pengertian Berita, Unsur-Unsur Berita, Syarat Berita"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish