Pengertian Cerpen, Alur Cerpen (Tahapan Cerita Pendek)

Advertisements
Alur Cerpen (Tahapan Cerita Pendek) - Sobat pernah mendapat tugas membuat cerpen di mata pelajaran indonesia? Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek artinya sebuah kisah cerita yang habis sekali baca, seperti halnya sebuah perjalanan yang melalui banyak fase cerpen juga memiliki tahapan-tahapan yang membentuk suatu alur dalam cerita pendek. Penjelasanya sebagai berikut :


1. Tahap pengantar atau pengenalan 

Tahap ini adalah tahap awal dalam sebuh cerpen, pada tahap ini berisi tentang pemberian informasi awal yang dapat melandasi suatu cerita dalam cerita pendek yang nantinya berguna untuk mengisahkan pada tahap-tahap yang berikutnya.

2. Tahap pemunculan konflik 

Pada tahap ini munculah konflik sehingga berkembang pada tahap-tahap berikutnya. Kemunculan suatu konflik ini akan membuat sebuah cerita yang lebih menengangkan, mengeankan sehingga para pembaca tidak bosan uuntuk membaca cerita selanjutnya.

Baca Juga : Unsur Intrinsik Cerpen (Pengertian dan Ciri-Cirinya)


3. Tahap klimaks 

Dari kemunculan-kemunculan suatu konflik pada seorang tokoh yang ada pada cerita pendek akhirnya konflik-konflik tersebut mencapai puncaknya dari beberapa konflik.

4. Tahap peleraian 

Setelah ada konflik yang terjadi pada seorang tokoh yang dimainkan pada cerita pendek, akhirnya timbullah pada tahap peleraian pada konflik-konflik tersebut. Dari beberapa konflik tersebut muncullah jalan keluar sehingga cerita konflik dapat diakhiri.

5. Tahap penyelesaian 

Pada tahap penyelesaian dimana semua konflik sudah teratasi dan semuanya telah diselesaikan oleh tokoh cerita pendek dan pada akhirnya dapat diakhiri dengan cerita sedih ataupun cerita yang berakhir dengan gembira.

Begitulah alur pada cerita pendek yang terdiri dari beberapa tahapan, dengan mengerti tahapan ini maka teman-teman sekali lagi dapat mengidentifikasi jika suatu saat mendapatkan tugas untuk mengidentifikasi cerita pendek yang di tugaskan di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.
Advertisements

0 Response to "Pengertian Cerpen, Alur Cerpen (Tahapan Cerita Pendek)"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish