Pengertian Gelombang Laut dan Penyebabnya

Advertisements
Kawan masih ingatkah peristiwa tsunami di aceh? Peristiwa tsunami tersebut termasuk peristiwa dari fenomena dari gelombang laut yang dikarenakan adanya gempa. Untuk itulah penulis akan berbagi informasi mengenai gelombang laut.

Pengertian Gelombang laut
Gelombang laut adalah suatu gerakan dari air laut yang membentuk seperti alunan naik dan turun yang dikarenakan adanya tiupan angin.

Pengertian Gelombang Laut dan Penyebabnya


Penyebab gelombang
1. Gelombang yang diakibatkan oleh gempa
Gelombang ini terjadi karena adanya gempa tektonik, karena adanya gempa di dasar laut yang menyebabkan terjadinya pergeseran lempeng sehingga air laut bergerak dan terjadilah gempa tsunami.
2. Gelombang tsunami 
Selain gempa, gelombang tsunami juga di akibatkan oleh adanya badai typhoon sehingga menyebabkan suatu gelombang laut yang dinamakan gelombang tsunami. Gelombang tsunami yang disebabkan oleh badai typhoon tersebut disebut dengan typhoon invested waters.
3. Gelombang memecah pantai 
Yang dimaksud dengan gelombang memecah pantai adalah bahwasanya setiap hari di laut terjadi gelombang, gelombang ini bergerak ke pantai yang kekuatanya yang dapat memecah pantai curam
4. Gelombang tsunami dan badai siklun  
Gelombang laut yang satu ini disebut dengan badai siklun hal ini dikarenakan badai ini  terjadi karena adanya suatu peristiwa badai yang terjadi di samudra hindia kemudian bergerak ke laut arab dan teluk bengala.

Baca Juga : Pengertian Danau, Jenis Danau, Proses Terjadi dan Manfaatnya

Kawan, itulah macam-macam gelombang laut berdasarkan penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisements

0 Response to "Pengertian Gelombang Laut dan Penyebabnya"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish