Sejarah Pembentukan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)

Advertisements
Setelah di bentuknya BPUPKI dan lalu di bubarkan maka di bentuklah PPKI atau Panitia Persiapaan Kemerddekaan Indonesia dalam bahasa jepang disebut Dokuritsu Zunbi Inkai dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 yang diketuai oleh Ir. Soekarno dan wakilnya Muh. Hatta. PPKI memeiliki anggota sebanyak 21 orang yang dimana anggota ini ditetapkan oleh jepang. seteleh itu ditambah anggota lagi yang berjumlah 6 orang tanpa sepengetahuan jepang, berarti dapat disimpulkan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia telah diambil alih bangsa Indonesia sebagai alat perjuangan untuk mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sejarah Pembentukan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)

Kemudian pada tangga 6 Agustus 1945 kota Hirrosima telah di bom tentara sekutu, dan selanjutnya kota Nagasaki di bom juga oleh tentara sekutu tepatnya pada tanggal 9 Agustus 1945, oleh karena itu jepang akan segera mewujudkan janji kemerdekaan bangsa Indonesia

Pada tanggal 9 agustus 1945 Ir. Soekarno,Muh Hatta, Rajiman Widyodiningrat telah dipanggil ke Dalat Saigon Vietnam oleh Marsekal Terauci untuk menerima sebuah pengumuman yang berisi "pemberian Kemerdekaan bagi Indonesia dan pelaksanaanya terserah Indonesia".  dan pada akhirnya PPKI yangg mempunyai anggota 27 orang yakni anggota dari bangsa Indonesia sendiri Memproklamasikan Republik Indonesia tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 yang bertempatkan di jalan pegangsaan timur 56 Jakarta. Dan tokoh yang melaksanakan yaitu Ir. Soekarno da Muh. Hatta, pada akhirnya kedua tokoh iniilah yang kita sebut dengan Bapak Proklamator Indonesia.

Setelah mengumumkan proklamasi pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI langsung mengadakan sidang yang pertama. Dalam sidang ini ditemui masalah yang sukar yakni adanya kalimat pada piagam jakarta yang dianggap sukar "Ketuhanan dengan menjalankan syariaat Islam bagi pemeluknya" yang dimana kalimat tersebut tidak bisa diterima oleh sebagian rakyat Indonesia, dan akhirnya diganti dengan "Ketuhanan Yang maha Esa" sampai sekarang ini.

Dan pada sidang itu juga telah ditetapkan President dan Wakil President, yakni president Ir. Soekarno dan wakilnya Muh. Hatta. Tidak hanya itu tugas PPKi akan tetapi Pada tanggal 19 Agustus 1945 PKI mengadakan rapat dan berhasil menyetujui rencana pembentukan wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi, rencana pembentukan 12 departemen, dan pembentukan KNIP. Dan rapat selanjutnya diadakan pada tanggal 23 Agustus 1945 oleh PPKI yang telah berhasil mengambil keputusan yaitu pembentukan KNIP, PPi, dan BKR. dan itulah hasil dari sidang PPKi semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisements

0 Response to "Sejarah Pembentukan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish