Sejarah Perumusan Naskah Proklamasi Indonesia

Advertisements

Sejarah Perumusan Naskah Proklamasi Indonesia

Perumusan Naskah Proklamasi

Hai kawan, sebagai bangsa Indonesia tentunya kita harus tau bagaimana peristiwa proklamasi di Indonesia, maka dari itu penulis akan mencoba menyampaikan informasi mengenai peristiwa proklamasi sampai naskah proklamasi di kumandangkan.

Sejak kekalahan jepang pada perang fasifik tahun 1944 sampai Agustus 1945, kekalahan itu disebabkan oleh 2 faktor yaitu
1. Adanya pemutusan jalur komunikasi radio dengan luar negeri atau dilarang keras oleh pihak jepang
2. Pihak dinas propaganda jepang selalu menunjukan berita dan peristiwa kemenangan perang bangsa jepang. 

Karena kehancuran jepang akhirnya menyerah tanpa syarat pada sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945, penyerahan itupun diketahui oleh sebagian pemuda bangsa Indonesia. Para pemuda bangsa Indonesia akhirnya mengadakan rapat yang dipimpin oleh Chaerul Saleh dan di ikuti para pemuda lainya yang bernama Wikana dan Darwis yang bertempatkan di ruang laboraturium Mikrobiologi di pegangsaan timur, yang dimana rapat itu memutuskan untuk mendesak Soekarno dan Hatta segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia dan terlepas dari bangsa jepang.

Sejarah Perumusan Naskah Proklamasi Indonesia

Pendapat para pemuda ternyata tidak disetujui oleh Soekarno-Hatta karena dengan pertimbangan golongan tua perlu mengadakan rapat PPKI terlebih dahulu untuk persiapan. Karena adanya perbedaan pendapat para pemuda menculik Soekarno-Hatta yang dilaksanakan oleh Soekarni, Yusuf Kunto, dan Syudanco Singgih, mereka dibawa ke Renggasdengklok, sebuah kota Kawadenan di pantai utara Kabupaten Karawang dan tempat itu tempat kedudukan kompi tentara peta.

Peristiwa penculikan ini berakhir ketika Akhmad Soebardjo memberikan jaminan bahwa proklamasi akan dikumandangkan, dan akhirnya komandan kompi tentara peta Cudanco Subeno melepaskan Soekarno-Hatta dan kembalilah ke Jakarta. Adannya rasa simpati perjuangan bangsa Indonesia dari Laksamana Maeda yaitu kepala perwakilan angkatan laut jepang, dan dirumah itulah naskah proklamasi dirumuskan oleh ketiga golongan tua yaitu Ir. Soekarno, Muh. Hatta, dan Akhmad Soebardjo yang disaksikan Soekarni, BM Diah, Mbah Diro, Sayuti Melik dan anggota PPKI lainya. 

Hasil Perumusann Naskah Proklamasi

Hasil perumusann naskah proklamasi berupa Klad yang diketik oleh Sayuti Melik. Dan pada akhirnya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 jam 10.00 di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta, di halaman rumah Ir. Soekarno didampingi Moh. Hatta dann seterusnya dilakukan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Suhud dan Latief Hendradiningrat serta Tri Murti, sedangkan sambutan disampaikan oleh Soewiryo dan dr. Muwardi sebagai ketua keamanan. Berakhirnya upacara pembacaan proklamasi secara resmi Indonesia telah menjadi Negara yang Merdeka.

Itulah peristiwa perumusan proklamasi sampai dikumandangkanya  naskah proklamasi yang menandakan Bangsa Indonesia telah merdeka bebas dari penjajahan. Semoga artikel ini bermanfaat terima kasih.
Advertisements

0 Response to "Sejarah Perumusan Naskah Proklamasi Indonesia"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish