Teknik Pementasan Drama

Advertisements
Untuk menampilkan suatu pementasan harus memenuhi beberapa teknik pementasan. Apalagi pementasa drama, sangat penting sekali untuk mengerti dan memahami teknik pementasan. Agar yang dipentaskan bisa berjalan dengan lancar dan dapat memuaskan penonton pementasan drama tersebut.

Teknik Pementasan Drama

Ada 4 teknik pementasan dalam drama, penjelasanya sebagai berikut :


1. Vokal 

Dalam suatu pementasan, vokal sangatlah penting karena dengan vocal ini para penonton tau maksud dari cerita yang dipentaskan. Aspek vokal yaitu sebagai berikut :

a. Volume

Dalam vokal kita mengenal volume dimana volume yang dimaksudkan adalah volume kuat atau lemah. 

b. Intonasi 

Intonasi mencakup tentang naik atau turunnya suara yang diucapkan, serta tinggi rendahnya suara agar drama yang kita ceritakan tidak monoton sehingga membuat penonton merasa bosan.

c. Artikulasi 

Dalam bermain drama khusunya dialog atau mengucapakan kata-kata pada naskah drama yang diperankan haruslah jelas kelafalanya supaya yang mendengar dapat mengerti apa yang dimaksudkan kata-kata yang disampaikan oleh seorang tokoh dalam drama.

d. Tempo 

Tempo yang dimaksudkan adalah cepat dan lambatnya vokal yang diucapkan.

2. Mimik 

Supaya cerita dalam drama dapat dihayati maka penting sekali untuk menampilkan ekspresi yang sesuai dengan cerita tokoh dalam dram tersebut. Contohnya : seseorang yang dihianati oleh kekasihnya maka ekspresi yang tepat adalah ekspresi marah, kecewa dan lain sebagainya.

3. Gestur 

Gestur atau gerak tubuh juga penting dalam pementasan drama, agar peran yang dimainkan oleh tokoh lebih hidup lagi perlu adanya gerak tubuh seorang tokoh agar peran yang dimainkan tersampaikan pada para penonton.

4. Blocking 

Blocking yaitu tidak membelakangi penonton, jadi dalam sebuah pementasan para tokoh dilarang untuk blocking, karena nantinya cerita yang disampaikan tidak akan sampai pada para penonton karena blocking tersebut. Dan dalam pementasan perlu juga untuk menguasai panggung supaya para tokoh tidak hanya diam di satu titik itu saja. 

Semoga artikel ini berguna bagi teman-teaman yang akan melakukan pementasan suatu drama. 4 unsur ini memang harus dipahami supaya cerita yang dipentaskan sampai ke hati para penontonya. Terimakasih dan salam cerdas.
Advertisements

0 Response to "Teknik Pementasan Drama"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish