Unsur Intrinsik Cerpen (Pengertian dan Ciri-Cirinya)

Advertisements
Unsur Intrinsik Cerpen (Pengertian dan Ciri-Cirinya) - Pasti cerpen atau cerita pendek tidak asing di pendengaran oleh teman-teman sekalian. Di sekolahpun kita kerap kali mendengar dan membaca sebuah cerpen atau cerita pendek, karena ceritanya yang cenderung singkat maka dari itu cerpen banyak disukai dan tidak membosankan bagi para pembacanya.

Unsur Intrinsik Cerpen (Pengertian dan Ciri-Cirinya)

Pengertian Cerpen

Cerpen atau cerita pendek adalah suatu karangan yang bersifat fiktif yang menceritakan tentang kehidupan seseorang yang diceritakan secara singkat dan ringkas.
Ciri-ciri cerpen
1. Cerpen memili sifat fiktif atau tidak nyata
2. Cerpen memiliki panjang kata yang kurang dari 10.000 kata
3. Cerpen juga memiliki sifat yang berpadu, intensif serta padat.
4. Cerpen hanya memiliki satu alur dalam sebuah cerita
5. Cerpen bisa habis dibaca dalam sekali duduk karena ceritanya cenderung pendek
6. Cerpen memiliki kesaan yang tunggal
7. Cerpen dalam ceritanya memiliki konflik akan tetapi tidak menimbulkan perubahan pada nasib tokoh utama.
8. Cerpen memiliki penikohan yang digambarkan secara singkat


Unsur intrinsik cerpen

a. Alur 

Alur adalah rangakaian cerita yang terdiri dari peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita pendek dan alur memiliki beberapa tahapan yang membentuk suatu alur.

b. Tokoh 

Tokoh adalah pemain pada sebuah cerita pendek tersebut. Tokoh memiliki sifat, watak, sikap yang disebut dengan karakter. Terdapat beberapa tokoh dalam suatu cerita yaitu tokoh protagonist, antagonis, figuran dan tritagonis.

c. Penokohan 

Penokohan adalah adanya suatu pemberian sifat pada setiap tokoh-tokoh dalam cerita. Metode yang digunakan dalam penokohan memakai 2 metode yaitu :
1. Metode dramatic adalah metode yang memaparka atau menggambarkan seorang tokoh secara tidak langsung misalnya gambaran fisik tokoh, gambaran menurut pendapat tokoh lain, serta gambaran pembicaraan dari tokoh lain.
2. Metode analitik adalah metode yang menggambarkan sifat tokoh secara langsung misalnya seorang tokoh yang pemarah, pemalu dan tokoh yang sombong.

d. Latar 

Latar adalah suasana yang terjadi pada cerita atu hasil dari karya sastra yang berupa, waktu, tempat, ruang serta situasi yang terjadi.


e. Sudut pandang 

Sudut pandang yang dimaksud adalah posisi seorang pengarang terhadap cerita yang dikarangnya. Yang terdiri dari 2 sudut pandang ;
1. Sudut pandang orang pertama
2. Sudut pandang orang ketiga

f. Tema 

Tema adalah pokok dari sebuah cerita atau biasa juga disebut dengan pikiran pokok dan gagasan utama sebuah cerita karya fiksi.


g. Amanat 

Amanat adalah pesan yang disampaikan seorang pengarang cerita terhadap pembacanya.

Itulah ulasan mengenai cerpen dari penulis semoga artikel kali ini bermanfaat bagi teman semuanya, terima kasih. Salam cerdas.
Advertisements

0 Response to "Unsur Intrinsik Cerpen (Pengertian dan Ciri-Cirinya)"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish