Panduan dan Langkah - Langkah Menyunsun Naskah Pidato

Advertisements
Pengertian Pidato Menurut KBBI (Kamus Besar Bahsa Indonesia) adalah Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata - kata yang ditunjukkan kepada orang banyak dalam pengertian lainnya Pidato adalah Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Pidato disampaikan pada waktu acara yang bermacam - macam seperti pidato Kenegaraan, Pidato pengukuhan/pelantikan, Pidato Radio, Pidato di Televisi,Pidato kegiatan upacara bendera, pidato hari - hari bersejarah, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Seseorang yang melaksanakan pidato akan lebih baik melakukan persiapan yang matang, salah satu yang diprsiapkan adalah nasakah pidato, selain itu mental dan keberanian juga harus dilatih supaya dalam penyampaiannya tidak merasa gugup sehingga pidato dapat disampaikan dengan baik.

Bagaimanakah cara menyunsun naskah pidato dengan baik, simak langkah - langkah dibawah ini ;
1. Menentukan tema ataupun pokok pembicaraan yang akan disesuaikan dengan tujuan penyampaian pidato
2. Pokok - pokok dalam pidatao harus didaftar supaya mudah menyampaikan pokok isi pidato
3. Menyunsun Kerangka pidato, dalam menyunsun kerangka pidato ada tiga pokok bagian yang wajib diperhatikan
  • Pendahuluan : Pada pendahuluan pidato berisikan salam pembuka, ucapan puji syukur, ucapan terimakasih pada pihak yang terkait, menyampaikan secara tidak lansung tujuan pidato.
  • Isi : Isipidato harus sesuai dengan tujuan dan tema atau pokok pembicaraan yang telah ditentukan, jangan sampai beda dengan tema karena akan membuat pidato rancu.
  • Penutup : dalam penutupan pidato yang disampaikan adalah kunci dari keseluruhan isi pidato yang terdapat seruan, ajakan, harapan, ucapan terimakasih, permohonan maaf dan terakhir salam penutup.
 4. Menyunsun atau mengembangkan kerangka pidato supaya menjadi sebuah teks pidato dengan mempergunakan kalimat yang mudah untuk dipahami para audiens, sehingga isi pidato dapat tersampaikan dengan baik.

Pidato disampaikan pada waktu situasi resmi atau formal, maka sebuah naskah pidato akan lebih baik dengan menggunakan bahasa yang baku baik dan benar, serta saat membuat nasakah pidato disarankan untuk membaca referensi dari sumber - sumber terpercaya.
Advertisements

0 Response to "Panduan dan Langkah - Langkah Menyunsun Naskah Pidato"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish