Pengertian Komet, Asteroid dan Jenis - Jenisnya

Advertisements
Halo sobat materipraktis.com sebelumnya mp telah membahas tentang satelit nah sekarang mp masih membahas tentang sistem tata surya, sudah pernah tau apa itu komet? Atau sudah pernah lihat? Okelah baik yang sudah pernah lihat maupun belum lihat kita akan bahas lebih dalam tentang komet dan asteroid.

Pengertian Komet, Asteroid dan Jenis - Jenisnya

Komet atau bintang berekor jika terihat dilangit begitu mengesankan, bentuknya sangat indah membuat manusia bersyukur akan kebesaran alloh yang maha pencipta, komet pertama kali ditemukan muncul dengan sinar yang sangat terang serta dengan ekor yang bercahaya sangat panjang, karena panjangnya ekor komet sampai setengah bentangan langit, tapi sob tidak semua komet itu memiliki ekor ya, seperti halnya dengan planet komet juga tidak mempunyai cahaya sendiri, bergerak mengelilingi matahari dengan lintasan yang sangat panjang.

Komet atau bintang berekor adalah suatu benda langit yang tidak padat, terbentuknya komet adalah dari sebuah pecahan yang sangat kecil kemudian bencampur dengan gas yang tipis, gas yang sedemikian tipisnya tersebut menunjukkan bahwa komet hanya terdiri dari kepa dan ekor komet. Ukuran dari kepala komet berdiameter sekitar 100.000 km, sedangkan panjang ekor mencapai 10 sampai dengan 10 juta km, intinya sendiri memiliki garis tengan hanya sekitar 10 sampai 20 km yang terdiri dari bongkah – bongkah batu yang mengeluatkan gas apabila terkena panas matahari.

Disaat komet mendekati metahari gas yang terpancar dari inti komet kearah matahari mendapat tekanan balik dari cahaya matahari sehingga membentuk koma, seangkan gas yang terpancar kea rah yang berlawanan dengan matahari akan membentuk ekor yang sangat panjang, saat komet mendekati matahari ekor komet menghadap matahari hal ini terjadi dikaarenakan pada saat komet berada pada tempat yang sangat jauh dari matahari bagian depan komet masih mendapatkan pengaruh panas matahari yang cukup bagi inti komet untuk melepaskan gas yang dikandungnya. Sedangkan bagian komet yang membelakangi matahari suhunya sudah amat dingin sehingga tidak lagi melepaskan gas yang dikandungnya. Maka dari itulah sebabnya pada saat komet begitu jauh dari matahari ekornya menghadap matahari

Teori – teori yang umum diterima untuk menjawab dari mana inti komet memiliki gas adalah teori yang mengatakan bahwa pada saat inti komet melintas di daerah yang sangat dingin, komet berkesempatan menyerap gas dari daerah sekitarnya. Pada saat komet kembali mendekati matahari, gas – gas tersebut dilepaskan kembali.

Nah begitulah proses komet mengelilingi matahari sampai dengan mendapat gas dan melepaskan ketika bertemu matahari lalu mengeluarkan ekor yang panjang yang dapat dilihat dari bumi, subhanalloh sungguh indah ciptaanmu ya robbi.

Tidak behenti sampai disini kita lansung membahas jenis komet menurut bentuk dan komet menurut intasannya

Menurut bentuknya komet dibedakan menjadi dua
1. Komet berekor : adalah komet yang memiliki kesempatan beredar pada wilayah yang dingin sehingga pada saat komet kembali mendekati matahari komet tersebut akan melepaskannya kembali gas – gas yang telah diabsorbsi dari wilayah yang dingin tadi untuk membentuk koma dan ekor.
2. Komet tidak berekor : komet yang tidak berekor ini penyebabnya adalah lintasan yang dilaluinya sangatlah pendek sehingga tidak memiliki kesempatan melalui wilayah yang dingin dan menyerap gas – gasi sehingga disaat komet tersebut mendekati matahari komet itu tidak dapat menbentuk koma dan ekor.

Menurut lintasannya ada dua macam komet yaitu
1. Komet periodic : komet ini mempunyai garis edar atau lintasan yang bentuknya elips atau lonjong yang memungkinkan komet secara periodic mendekati matahasri
2. Komet non periodic : yaitu komet yang memiliki lintasan berbentuk garis melengkung terbuka (hiperbola atau parabola). Komet jenis ini hanya sekali tampak mendekati matahari lalu meninggalkannya untuk selama – lamanya.

Dari penjelasan jenis jenis komet diatas sekarang kita akan membahas beberapa contoh – contoh komet yang pernah diketahui oleh manusia

1. Komet Halley
Komet halley memiiki masa edar 76 tahun. Komet ini muncul berturut – turut pada tahun 1531, 1607 sebelum diidentifikasi oleh halley, pada kemunculannya pada tahun 1682. Komet tersebut kemudian muncul lagi pada tahun 1758. Kemunculannya yang terakhir pada tahun 1986 dan diperkirakan akan muncul kembali pada tahun 2062 wah kalau sekarang 2016 maka kurang 46 tahun lagi sob, lama juga ya kira – kira kamu sudah umur berapa? Hitung sendiri – sendiri ya

2. Komet Encke
Komet ini memiliki masa edar yang sangat singkat yaitu 3.3 tahun. Singkatnya masa edar menunjukkan bahwa komet ini tidak berkesempatan melalui daerah yang sangat dingin jadi komet ini tidak mempunyai ekor ya sob, kalah tu sama komet halley yang punya ekor, mungkin malas berputar kali ya capek katanya

3. Komet Biela
Cie namaya kayak cewek ya, biela adalah komet yang memiliki masa edar diatas komet Encke komet biela mempunyai masa edar selama 6.6tahun, ia muncul mendekati matahari pada tahun 1845 dan mendekati matahari melalui atas kritis. Akibatnya kemet tersebut pecak sampai 300.000 km. pada tahun 1852 komet tersebut masih muncul mendekati matahari namun jarak pecahannya sudah mencapai dua setengah juta km, timbul dugaan bahwa komet hancur menjadi benda – benda kecil – kecil. Dugaan tersebut diperkuat dengan terjadinya hujan meteor yang menimpa bumi pada tahun 1872. Berdasarkan penelitian hujan meteor tersebut berasal dari daerah yang dilalui komet biela sebelum mengalami kehancuran.

4. Komet Kohoutek
Komet ini namanya seperti makanan ya sob tapi ini komet lo, komet kohoutek ini memiliki masa edar yang singkat banget masa edarnya Cuma 2 tahun, ditemukan pada tahun 1973 oleh seorang doctor namanya kohoutek oleh sebab itu namanya komet tersebut kohoutek, kedatangan komet ini sangat menarik perhatian orang diseluruh dunia, apalagi karena pada kemunculannya tahun 1975 komet ini bersinar sangat terang, tetapi pada tahun 1977 sinar kometnya amat suram.

5. Asteroid
Asteroid adalah kumpulan planet kecil yang terdapat antara mars dan Jupiter, seperti diketahui mars dan Jupiter dipisahkan oleh jarak yang sangat lebat. Itulah sebabnya timbul minat para astronom untuk menyelidikinya beberapa astronom telah mengidentifikasikan kurang lebih 5000 buah planet kecil yang terdapat pada tempat tersebut.

Menurut hukum titus- bode jarak antara asteroid dengan matahari = 2,8 sa atau kurang lebih 420 juta km
Beberapa anggota asteroid yang telah diidentifikasikan adalah
1. Cares diameternya 780 km
2. Pallas diameternya 560 km
3. Yuno diameternya 360 km
4. Vesta diameternya 490 km
5. Hygeva diameternya 388 km
6. Intermnia diameternya 360 km
7. Davida diameternya 272 km

Beberapa diantaranya anggota asteroid yang susunan materinya seperti bumi adalah Icarus, toros, eros dan geografos.

Subhannalloh maha besar alloh dengan segala ciptaanya, dengan mempelajari ilmu astronomi insyalloh akan memperdalam keimanan kita, karena manusia hanya sehembus debu yang tidak terlihat, begitu luasnya angkasa, adakah yang sanggup mencapainya? Itulah kekuasaanya semoga artikel ini bermanfaat, oke pada pembahasan selanjutnya kita akan mebahas Meteor dan Meteorit, sekian dulu ya pelajaran tentang komet dan asteroid sampai jumpa.
Advertisements

0 Response to "Pengertian Komet, Asteroid dan Jenis - Jenisnya"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish