Cara Melihat Status Akreditasi Universitas, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Akademi

Advertisements
Hai sobat materipraktis.com pada kesempatan ini saya akan memberikan wawasan untuk melihat status akreditasi kampus, sangat penting untuk diketahui status kampus sebab akreditasi merupakan tolak ukur sebuah lembaga institusi untuk menjamim mutu dalam pelaksanaan pendidikan, pengertian dari akreditasi yaitu proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen sebuah institusi perguruan tinggi kepada mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma yang digunakan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

Cara Melihat Status Akreditasi Universitas, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Akademi

Proses akreditasi butuh persiapan yang baik karena selain pemeriksaan dokumen pendidikan BAN – PT akan mengirim seorang penilai yang disebut Asesor, Asesor BAN-PT adalah tenaga pakar pada bidang ilmu,bidang studi, profesi, atau praktisi yang diberi tugas untuk membantu  BAN-PT dalam penilaian akreditasi program studi, asesor akan meninjau langsung lokasi kampus.

Akreditasi tidak dilakukan setiap tahun dalam Pelaksanaan akreditasi pada program pendidikan tinggi hanya dilaksanakan selama 5 tahun sekali, jika menginginkan reakreditasi ulang perguruan tinggi dapat mengajukannya kepada BAN – PT.

Pentingkah sebuah akreditasi untuk kita, jawabnya adalah sangat penting, oleh karena pada saat ini sebuah perusahaan dan institusi pemerintah biasanya mewajibkan akreditasi pada nilai tertentu dibuktikan dengan legalisir nilai akreditasi, dalam perekrutan PNS akreditasi juga menjadi syarat administrasi yang wajib dipenuhi.

Terdapat 7 standar akreditasi yakni,
a. Visi, misi, tujuan dan juga sasaran, serta strategi pencapaian
b. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan serta  penjaminan mutu
c. Mahasiswa serta lulusan
d. SDM
e. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik
f. Pembiayaan, sarana dan prasarana, sim
g. Penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama

Setelah akreditasi selesai dilakukan maka BAN - PT akan memberikan sebuah peringkat nilai, nilai tersebut adalah hasil dari kunjungan tim asesor, peringkat tersebut akan dipetakan sebagai berikut :
–   A predikat (Sangat Baik) nilai 361 – 400
–   B predikat (Baik) nilai 301 – 360
–   C predikat (Cukup) nilai 200 – 300
–   sedangkan tidak terakreditasi dengan nilai kurang dari 200

Lantas bagaimana cara melihatnya, berikut cara melihat sebuah akreditasi secara lengkap simak ya

1. Langkah pertama masuk ke link ini http://ban-pt.kemdiknas.go.id, maka akan muncul tampilan menu hasil akreditasi BAN – PT
2. Akreditasi yang dapat dicek adalah akreditasi institusi, akreditasi program studi dan profesi
3. Pilih menu akreditasi institusi
4. Isilah format tersebut mulai dari kopertis wilayah, nama perguruan tinggi dan tanggal kadaluarsa SK jika tau, dan status kadaluarsa
5. Setelah semua diisi maka akan keluar hasil pencarian anda, pada halaman tersebut muncul nama perguruaan tinggi yang dicek, nomer SK, tanggal dan tahun sk, serta peringkat, tanggal daluarsa dan status daluarsa

Jika ingin dicetak maka langsung untuk diprint, nah demikianlah cara melihat status akreditasi universitas, politeknik, sekolah tinggi dan akademi, jangan sampai salah memilih karena akreditasi menyanggkut masa depan dan karir kamu, semga bermanfaat terimakasih.
Advertisements

0 Response to "Cara Melihat Status Akreditasi Universitas, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Akademi"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish