Pengertian dan Tugas-Tugas Malaikat Allah

Advertisements
Halo sahabat materipraktis.com kali ini saya akan berbagi informasi tentang tugas – tugas malaikat, malaikat adalah makluk ciptaan Allah yang tidak tampak oleh mata kita, malaikat adalah makluk ghaib, malaikat diciptakan oleh Allah untuk melakukan segala perintahnya, mereka sangat taat menjalankan segala perintah tidak pernah sedikitpun melanggarnya.

Pengertian dan Tugas-Tugas Malaikat Allah

Sebagai manusia yang juga ciptaan Allah kita diwajibkan beriman akan keberadaan malaikat tersebut, walaupun malaikat tidak tampak tetapi mereka ada, hal ini diterangkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 177.

Malaikat diberikan tugas melaksanakan segala perintahnya, mengurus alam semesta dan berbakti kepada-Nya dengan penuh kepatuhan seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam Surat At-Tahrim ayat 6

“Malaikat – Malaikat yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang telah diperintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang telah diperintahkan”

Rosulullah SAW bersabda :
“Iman itu ialah hendaknya engkau menyakini adanya Allah dan Malaikat-malaikat Allah” (HR. Muslim)

Malaikat dikaruniai kepandaian untuk berubah-ubah rupa dan bentuk, tempat mereka ada dilangit, jumlah atau hitungan malaikat itu tidak seorangpun yang dapat memastikan dan hanya Allah SWT yang maha mengetahui akan hitungan, mereka mempunyai tugas tugas yang berlainan dan pada setiap tugas dikepalai oleh seorang malaikat yang khusus, seperti yang terdapat pada QS. Al-Mursalat 1-6 dan QS. An-Nazi’at 1-5

Malaikat diciptakan mempunyai sayap yang dijelasakan pada QS. Fathir ayat 1 ada yang bersayap 2, 3, 4 bahkan lebih dari itu. Nabi Muhammad SAW pernah dua kali melihat malaikat Jibril AS dalam bentuk aslinya. Hal ini berdasarkan beberapa riwayat yang rangkaian-rangkaian perawinya sanyat dipercaya, antara lain istri Nabi SAW, Aisyah RA bertanya kepada Nabi tentang firman Allah, dalam surat At-Takwir ayat 23

“Dan sesungguhnya Muhammad itu melihatnya di ufuk yang terang”

Dalam sebuah hadist juga dijelaskan :
“Itu tidal lain kecuali malaikat jibril, saya tidak melihatnya dalam bentuknya yang diciptakan Allah kecuali dalam dua kesempatan itu” (Hadist Riwayat Muslim)

Dalam tempat lain imam muslim meriwayatkan bahwa Aisyah RA ditanya tentang makna firman Allah dalam QS. Anjm ayat 8

Nabi menjawab dalam sebuah Hadist :
“itu adalah jibril A.S seringkali ia dating kepada beliau (Nabi) dalam bentuk seorang pria, dan beliau dikunjungi kali ini dalam bentuknya yang asli, maka ia menutup seluruh ufuk” (HR. Muslim)

Pemimpin dari para malaikat adalah malaikat jibril AS, selain itu jibril juga bertugas sebagai perantara yang menyampaikan wahyu yang diterima dari Allah SWT kepada para Rasul.
Adapun yang memimpin tugas-tugas lainnya ialah :
1. Malaikat Jibril A.S : Bertugas menyampaikan wahyu
2. Malaikat Mikail A.S : Bertugas membagi rezeki kepada seluruh makhluk seperti makan, minum, hujan dan sebagainya
3. Malaikat Izrail AS : Bertugas sebagai pencabut nyawa seluruh mahluk ciptaan Allah
4. Malaikat Raqib AS : Bertugas mencatat semua perbuatan baik dari semua mahluk
5. Malaikat Atid AS : Bertugas mencatat semua perbuatan buruk dari semua mahluk
6. Malaikat Israfil AS : Bertugas meniup terompet
7. Malaikat Mungkar AS : Bertugas mengajukan beberapa pertanyaan dialam  kubur
8. Malaikat Nakir AS : Bertugas mengajukan beberapa pertanyaan dialam  kubur
9. Malaikat Ridwan AS : Bertugas sebagai penjaga Surga
10. Malaikat Malik AS : Bertugas sebagai penjaga Neraka

Demikian penjelasan tentang pengertian dan tugas-tugas malaikat, semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita semua.
Advertisements

0 Response to "Pengertian dan Tugas-Tugas Malaikat Allah"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish