Membaca Teks Berita Dengan Baik

Advertisements
Sering menonton tv sudah pasti tau yang satu ini, ya membaca berita seperti dalam acara liputan6, metronews, breaking news, wide shot, IMS dan masih banyak lagi acar berita yang menarik untuk diikuti.

Membaca berita sangat berbeda dengan membaca pada umumnya, membaca berita memerlukan sikap, intonasi, dan jeda selain itu membaca berita juga memerlukan volume suara dan artikulasi atau pelafalan

Membaca berita umumnya adalah berpenampilan menarik, wajar, rapi dan bersih utamanya adalah percaya diri, membaca berita adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media televisi atau radio, peristiwa yang diberitakan haruslah nyata, tidak dibuat - buat dan murni adanya.

Membaca Teks Berita Dengan Baik


Berita harus disampaikan dengan baik karena tujuan berita adalah memberikan informasi maka pembawa berita harus dapat menyampaikan berita dengan baik.

Beberapa aspek yang harus diperhatikan pada saat membaca berita seperti
1. Menyampaikan dengan artikulasi yang benar
2. Menggunakan intonasi yang baik
3. Menggunakan tanda baca
4. Kalimat - kalimat harus jelas
5. Pandangan seolah - olah kearah penyimak berita
6. Ekspresi wajah

Aspek aspek diatas harus diperhatikan dalam membaca berita, namun saat ini ada bermacam berita yang dikemas dengan santai seperti ngobrol pagi bersama teman hal ini dilakukan agar berita dapat dengan mudah diterima, penyampaian berita seperti ini cocok untuk berita yang nonformal.

Menurut jenisnya berita ada yang berita formal dan adapula berita nonformal, tergantung dari berita yang disampaikan, jika berita yang disampaikan adalah berita seperti peristiwa kenegaraan tidak akan menngunakan konsep santai tetapi menggunakan konsep yang resmi, sebaliknya jika berita yang disampaikan seperti traveling dan hal unik maka akan lebih bagus dengan menggunakan konsep membaca berita santai.
Advertisements

0 Response to "Membaca Teks Berita Dengan Baik"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish