Tips Dasar Yang Harus Diketahui Ketika Melamar Kerja

Advertisements
Setelah sekolah atau kuliah selesai kamu dituntut untuk mandiri bisa dengan membuka usaha atau bisa juga dengan mencari sebuah pekerjaan, pada saat kamu memasuki pasar atau bursa tenaga kerja apakah kamu sudah siap menghadapi persaingan yang ketat serta tuntutan dunia kerja yang semakin hari semakin tinggi, kamu harus tau bagaimana menyalurkan keahlianmu? Admin materipraktis akan memberikan tips walaupun pada dasarnya tidak ada formula ajaib untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, tetapi dengan merancang secara benar dan baik insyaalloh kamu akan mendapatkannya, kita akan memberikan aturan dasarnya sebagai berikut :

Tips Dasar Yang Harus Diketahui Ketika Melamar Kerja


1. Apa yang kamu inginkan
Setiap orang mempunyai cita cita yaitu pekerjaan yang ingin ditekuninya pada saat dewasa, untuk mewujudkannya perlu dilakukan persiapan sejak dalam masa sekolah atau kuliah. Adakalanya orang bekerja tidak sesuai dengan cita – cita atau keahliannya. Misalnya kamu bercita – cita menjadi tenaga penjualan atau sales, tetapi kamu harus bertugas dibagian administrasi. Untuk menghindarinya, carilah peluang kerja yang sesuai dengan keinginanmu dan bekalilah dirimu dengan keterampilan yang mendukung.

2. Pahamilah Bakatmu
Bakat adalah modal bagi pekerjaan yang membutuhkan keahlian. Untuk mengetahui bakat sebenarnya, kamu bisa melakukan beberapa tes kecil. Tanyakan kepada diri sendiri, apakah kamu lebih senang bekerja sendiri atau senang bekerja dalam tim, apakah kamu lebih nyaman bekerja secara rutin atau lebih suka menghadapi tantangan untuk mencoba hal – hal baru, semua factor ini membantu dirimu dalam membuat keputusan tentang bidang yang tepat bagi dirimu

3. Pahamilah iklan lowongan kerja yang ada
Untuk menyesuaikan keahlianmu dengan persyaratan yang diperlukan oleh suatu pekerjaan, kamu harus menganalisis iklan lowongan pekerjaan. Analisis tersebut akan memberimu pemahaman tentang perusahaan, jabatannya, dan kualitas yang dibutuhkan.

4. Buatlah surat lamaran yang menjual
Surat lamaran merupakan pertimbangan awal bagi perusahaan dalam merekrut karyawan. Surat lamaran memiliki aturan – aturan yang sudah baku, namun bukan berarti mematikan kreasimu, intinya kamu harus membuat surat lamaran semenarik mungkin, dengan menonjolkan keahlian dan kelebihanmu, didalam lamaran harus kamu sertakan syarat – syarat yang di inginkan perusahaan, misalnya daftar riwayat hidup, ijazah, foto diri, tanda pengenal dan sertifikat kursus.

5. persiapkan dirimu untuk menghadapi tes
Sebelum proses perekrutan, perusahaan akan melakukan serangkaian tes, seperti tes tertulis, tes wawancara, tes kesehatan dan sebagainya. Bekalilah dirimu dengan pengetahuan yang luas, informasi tentang perusahaan, dan kemampuan berbahasa yang baik.

Begitulah tips ketika kamu saat akan melamar pekerjaan, semoga berhasil. Jangan lupa berdoa kepada alloh agar semua keinginanmu dapat dikabulkannya, sekian penjelasan tentang tips ketika kamu harus melamar kerja terimakasih telah berkunjung.
Advertisements

0 Response to "Tips Dasar Yang Harus Diketahui Ketika Melamar Kerja"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish