Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial, Ciri - Ciri, Kelebihan dan Kelemahan

Advertisements
Advertisements
Hai sahabat materipraktis.com kali ini kita akan belajar tentang sistem pemerintahan, di setiap Negara pasti mempunyai sebuah sistem pemerintahan masing – masing, ada banyak sistem pemerintahan dan saat ini kita akan membahas tentang sistem pemerintahan presidensial, sistem ini disebut presidensial apabila badan eksekutif ada di luar pengawasan langsung oleh badan legislatif. Artinya badan eksekutif dan legislative memiliki kedudukan yang independen. Badan eksekutif dan legislative tidak berhubungan secara langsung seperti dalam sistem pemerintahan parlementer. Badan eksekutif dan legislative dipilih oleh rakyat secara terpisah.

Ciri - Ciri, Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemerintahan Presidensial

Ciri-ciri dari sistem pemerintahan presidensial adalah sebagai berikut :

a. Penyelenggara Negara ada pada tangan presiden sebagai kepala Negara dan sekaligus kepala pemerintahan. Presiden dipilih oleh langsung oleh rakyat atau suatu dewan atau majelis bukan parlemen.
b. Kabinet (dewan menteri) presiden membentuk kabinet. Kabinet bertanggung jawab kepada presiden dan tidak bertanggung jawab kepada presiden parlemen atau legislatif.
c. Presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen, karena parlemen tidak memilih presiden.
d. Presiden tidak bisa membubarkan parlemen, seperti dalam sistem parlementer.
e. Parlemen punya kekuasaan legislatif sekaligus sebagai lembaga perwakilan, karena anggota parlemen dipilih oleh rakyat.
f. Presiden tidak berada di bawah pengawasan langsung parlemen.

Sistem pemerintahan presidensial terdapat kelebihan serta kelemahan.

Adapun kelebihan sistem pemerintahan presidensial.

a. Badan eksekutif tetap stabil kedudukanya, karena tidak tergantung pada parlemen.
b. Masa jabatan badan eksekutif cukupjelas, dalam periode waktu tertentu. Misalnya, masa jabatan presiden AS adalah empat tahun, presiden Indonesia adalah lima tahun.
c. Program kerja kabinet mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatanya. 
d. Legislatif bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan eksekutif, karena dapat diisi oleh orang luar termasuk anggota parlemen sendiri.

Sedangkan kelemahan dari sistem presidensial adalah sebagai berikut.

a. Kekuasaan eksekutif diluar pengawasan langsung legislatif, jadi bisa menciptakan kekuasaan mutlak.
b. Sistem pertanggung jawaban kurang jelas.
c. Pembuatan keputusan atau kebijakan publik, umumnya terbentuk karena tawar menawar antara eksekutif dan legislatif, sehingga ada kemungkinan terjadi keputusan tidak tegas dan menyita waktu.

 Demikian artikel tentang Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial, Ciri - Ciri, Kelebihan dan Kelemahan, semoga bermanfaat
Advertisements

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

Previous Post Next Post