Sejarah Koperasi Indonesia, Fungsi dan Peranannya

Advertisements
Jumpa lagi dengan mteripraktis.com, sobat kita sering dengar dengan istilah koperasi, koperasi di indonesia sudah sudah ada sejak abad 18 sejarah koperasi lengkapnya akan kita bahaas sebagai berikut.
Koperasi dalam perkembangannya tidak terlepas dari sebuah keadaan sosial, ekonomi, politik indonesia, dalam sejarahnya koperasi ada tiga masa, diantaranya masa penjajahan belanda, masa penjajahan jepang, dan kemerdekan. kita akan membahas masa penjajahan belanda terlebih dahulu, dan nantinya akan kita bahas masa selanjutnya

Sejarah Koperasi Indonesia, Fungsi dan Peranannya

Sejarah Koperasi Indonesia


1. Masa Penjajahan Belanda
Pada masa ini gerakan koperasi indonesia pertama kali dirintis oleh seorang patih purwokwerto yang bernama Raden Aria Wiraatmadja dengan mendirikan Hulp End Sparr Bank (Bank pertolongan dan tabungan) pada tahun 1896 di purwokerto usaha bank tersebut adalab memberikan pertolongan kepada pegawai negeri agar terhindar dari cengkraman lintah darat, serta memberikan kredit para petani, Gerakan koperasi pada masa itu belum menunjukkan ciri - ciri perkoperasian.
Kegiatan koperasi sesungguhnya setelah budi utomo pada tahun 1908 mendirikan koperasi rumah tangga pada tahun 1927 Dr. Sutomo menyarankan agar koperasi dijadikan sebagai wadah untuk memperjuangkan rakyat. Tahun 1930 dibentuk jawatan koperasi dijadikan sebagai bagian dari Departemen Dalam Negeri, tahun 1935 jawatan koperasi dijadikan sebagai bagian daei Departemen Perekonomian pada tahun 1936 dibentuk induk koperasi yang pertama dengan nama Gabungan Koperasi Indonesia (GAPKI).
2. Masa Penjajahan Jepang
Pada masa penjajahan jepang, perkoperasian indonesia mengalami kemunduran. jumlah koperasi saat itu memang banyak, tetapi kehilangan fungsinya, yaitu tidak mencerminkan prinsip - prinsip perkoperasian. pada masa penjajahan jepang koperasi disebut kumiai yang ditujukan untuk kepentingan pemerintah jepang dan bergerak di bidang perdagangan. penduduk pedesaan diwajibkan untuk menyukseskan gerakan kumiai, tetapi hak - hak mereka tidak diperhatikan.

3. Masa Kemerdekaan
Perkoperasian pada masa ini mengalami perkembangan setelah ditetapannya UUD 1945. hal ini disebabkan oleh salah satu pasal UUD 1945 yaitu pasal 33 ayat 1 terdapat ketentuan mengenai koperasi yaitu "koperasi disusun sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaan"

Koperasi merupakan wadah ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan berdasarkan asas kekeluargaan. untuk mengembangkan gerkan koperasi di indonesia maka pemerintah bersama rakyat melakukan beberapa usaha, antara lain
  • Kongres Koperasi I di Tasikmalaya pada tanggal 11 - 14 juli 1947
  • Kongres Koperasi II di Bandung pada bulan juli 1953
  • Kongres Koperasi III di Jakarta pada tahun 1956
  • Kongres Koperasi IV di Surakarta pada tahun 1958
Selanjutnya perkembangan koperasi di indonesia digerakkan oleh pemerintah. akan tetapi pada periode tahun 1960 - 1965 merupakan tahun suram bagi perkoperasian indonesia, dan pada tahun 1966 merupakan saat untuk berusaha kembali ke asas dan sendi dasar koperasi sesungguhnya. 

Fungsi dan Peranan Koperasi dalam Kehidupan Ekonomi Bangsa Indonesia

Sebagai Soko guru perekonomian nasional koperasi mempunyai fungsi dan peranan yang penting dalam kehidupan ekonomi bangsa. dalam undang - undang No. 25 tahun 1992, Fungsi, dan peranan koperasi dijelaskan sebagai berikut :
  1. Membangun serta mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya
  2. Berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya
  4. berusaha mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
Agar koperasi dapat berfungsi dan berperan sebagaimana yang diharapkan pemerintah mengeluarkan kebijaksanaan pembangunan ekonomi yang berkaitan dengan koperasi antara lain :
  1. Menciptakan serta mengembangkan iklim dan kondisi yang mendorong pertumbuhan dan permasyarakatan ekonomi
  2. Memberikan bimbingan, kemudahan, dan perlindungan kepada koperasi
  3. Menetapkan bidang kegiatan ekonomi yang hanya dapat diusahakan koperasi
  4. Mengusahakan adanya koperasi pada wilayah tertentu demi pemerataan kesempatan berusaha.
Demikianlah Sejarah Koperasi beserta Fungsi dan Peranannya semoga artikel ini bermanfaat dalam mempelajari tentang koperasi di indonesia.
Advertisements

0 Response to "Sejarah Koperasi Indonesia, Fungsi dan Peranannya"

Post a Comment

=> Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish